Duta OSN 2019 dari SMP Xaverius 1 Palembang

Tepat 2 Mei 2019 diadakan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional atau sering didengar dengan singkatan HARDIKNAS. Dunia pendidikan untuk kaum milenial sangat penting demi mengejar cita-cita yang dihadapkan dengan dunia teknologi yang semakin canggih.

Setiap saat anak-anak dihadapkan dengan handphone yang super canggih, dimana aplikasi-aplikasi di dalamnya mebuat anak-anak terlena dengan aplikasi tersebut misal game. 

Jika sudah memegang alat tersebut maka kewajiban anak sebagai pelajar yaitu belajar sudah tak dipedulikan lagi.
Dari sekian banyak anak di era digital, mereka juga dihadapkan pada bagaimana tetap harus berprestasi. 

Prestasi dalam bidang akademik berupa nilai-nilai maupun non akademik  berupa sikap sopan santun yang merupakan kebiasaan dalam hidup di keluarga. Keberagaman yang ada di keluarga maupun dalam masyarakat wajib kita junjung tinggi.

Maka, di SMP Xaverius 1 Palembang tepat pada HARDIKNAS tahun 2019 ini dirangkai dengan peringatan Hari Kartini. Tema yang diangkat pada peringatan HARDIKNAS dan Hari Kartini pada 2019 ini adalah  "MENUMBUKAN PRESTASI DENGAN MENGHARGAI KEBERAGAMAN DALAM PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL ".

Apa yang diharapkan dari tema tersebut? Sekolah sebagai rumah kedua bagi anak-anak tentu banyak perbedaan yang setiap saat hidup dalam kemajemukan. Tentunya dalam meraih prestasipun tidak meninggalkan keberagaman yang ada di sekolah. 

Pada kesempatan emas ini, SMP Xaverius 1 patut bersyukur karena pada bulan April 2019 mengutus dua peserta didik dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Matematika dan IPA tingkat provinsi dan hasilnya lolos ke tingkat nasional. Mereka yang maju ke tingkat nasional adalah Gabriela Marseinar Girsang kelas 8 I untuk bidang IPA. Sedangkan untuk Matematika atas nama Demetrio Franklyn Edryan kelas 7 A. Selamat untuk anak-anak yang akan maju ke tingkat nasional di Yogyakarta pada 30 Juni sampai dengan 6 juli 2019. Ayo, Libas Tantangan!.