CLASS MEETING

Setelah bergulat dengan ulangan-ulangan kenaikan kelas yang saat ini disebut dengan Penilaian Akhir Tahu ( PAT), peserta didik SMP XAVERIUS 1 PALEMBANG disibukkan dengan kegiatan class meeting. Kegiatan class meeting adalah kegiatan antar kelas  dalam bentuk berbagai macam jenis pertandingan atau perlombaan. Kegiatan ini dilaksanakan dua tahun sekali atau setiap selesai Penilaian Akhir Semester pada bulan Desember dan PAT pada bulan Mei atau Juni.

Bagaimana dengan kegiatan tahun ini? Kegiatan class meeting tahun ini hanya untuk satu cabang saja yaitu pertandingan bola voli. Mengapa hanya satu kegiatan? Hal ini mengingat dilaksanakan bertepatan dengan bulan puasa/ramadhan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan class meeting  adalah pertama melepas penat para peserta didik setelah mengikuti serangkaian kegiatan PAT. Kedua memberikan pelajaran sikap sportivitas kepada peserta didik bahwa yang kalah tetap semangat dan yang menang selalu bersikap rendah hati. Ketiga mempererat rasa persaudaraan antar kelas atau antar individu supaya setiap peserta didik mengenal satu dengan yang lain.

Kegiatan class meeting di SMP XAVERIUS 1 Palembang pada tahun ini dilaksanakan dua hari yaitu Selasa, 21 Mei 2019 untuk kelas VII dan Rabu, 22 Mei 2019 untuk kelas VIII. Dalam sambutannya Ketua OSIS, Violent, mengajak kepada teman-teman untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas dan yang menang tetap rendah hati dan yang kalah tetap semangat. Kekalahan adalah kemenangan yang masih tertunda.

"Ucapan terima kasih kepada para pengurus OSIS yang telah melaksanakan kegiatan class meeting ini dan juga terimakasih kepada teman-teman yang mengikuti kegiatan class meeting semoga tetap menjaga keakraban satu dengan yang lainnya. Bagi yang menang tetap rendah hati dan yang kalah tetap semangat" kata Ketua OSIS, Violent. 

Banyak hal positif yang dapat dialami oleh peserta didik seperti kekakraban satu dengan yang lainnya, menambah teman dan yang utama adalah menanamkan sikap sprotivitas dalam setiap pertandingan ataupun perlombaan. Bagi yang kalah akan menerima kekalahan dan berlapang dada, serta yang menang tidak jumawa. "Kepada Bapak Ibu Pembina OSIS yang telah mendampingi mulai dari persiapan sampai dengan berakhirnya kegiatan class meeting ini juga diucapkan terma kasih", kata Violent.